Senin, 02 Oktober 2023

PESAWAT SEDERHANA

 

PESAWAT SEDERHA

dunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dengan cara mengubah arah gaya, memperkecil gaya yang perlu diberikan dan menggandakan gaya yang dihasilkan pengguna.


Jenis pesawat sederhana:

  1. Bidang miring adalah jenis pesawat sederhana yang digunakan dengan cara memperpanjang jarak tempuh. Contohnya tangga dibuat bertingkat - tingkat, bentuk jalan di daerah pegunungan selalu berkelok - kelok.

  1. Pengungkit adalah jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan atau menggeserkan benda yang berat dan berukuran besar. Contohnya gunting, pembuka tututp botol, linggis dan lain - lain.
  2. Katrol adalah jenis pesawat sederhana yang dapat mengubah arah gaya. Contohnya katrol pada sumur timba.
  3. Roda berporos adalah jenis pesawat sederhana yang memiliki prinsip yang sama dengan pengungkit. Contohnya stir mobil dan gerinda.


Usaha dan pesawat sederhana merupakan bagian yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Setiap manusia selalu melakukan usaha, contohnya ketika mendorong meja, mengangkat kursi dan lain - lain. Sedangkan pesawat sederhana digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia seperti untuk menaikkan drum ke mobil, maka kita membutuhkan bidang miring. Untuk mengangkat air dari sumur, maka kita menggunakan katrol dan lain - lain. Semua jenis pesawat sederhana sangat berguna bagi kehidupan sehari - hari.



0 komentar:

Posting Komentar